Jembatan Suramadu
               Jembatan  Nasional “Suramadu” (Surabaya Madura) adalah jembatan yang melintasi  Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura  (di Bangkalan, tepatnya timur Kamal), Indonesia. Dengan panjang 5.438 m,  jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini.  Jembatan Suramadu terdiri dari 3 bagian yaitu jalan layang (causeway),  jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge). 
  Jembatan ini diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Megawati  Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya oleh  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009. Pembangunan  jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura,  meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura, yang relatif  tertinggal dibandingkan kawasan lain di Jawa Timur. Perkiraan biaya  pembangunan jembatan ini adalah Rp. 4,5 triliun.
  Pembuatan jembatan ini dilakukan dari 3 sisi, baik sisi Bangkalan maupun  sisi Surabaya. Sementara itu, secara bersamaan juga dilakukan  pembangunan bentang tengah yang terdiri dari main bridge dan approach  bridge. Jembatan Suramadu pada dasarnya merupakan gabungan dari 3 jenis  jembatan dengan panjang keseluruhan sepanjang 5.438 meter dengan lebar  kurang lebih 30 meter. Jembatan ini menyediakan 4 lajur 2 arah selebar  3,5 meter dengan 2 lajur darurat selebar 2,75 meter. Jembatan ini juga  menyediakan lajur khusus bagi pengendara sepeda motor disetiap sisi luar  jembatan.        |   
  
                                 |           Jalan Layang   Jalan layang  atau Causeway dibangun untuk menghubungkan konstruksi jembatan dengan  jalan darat melalui perairan dangkal di kedua sisi. Jalan layang ini  terdiri dari 36 bentang sepanjang 1.458 meter pada sisi Surabaya dan 45  bentang sepanjang 1.818 meter pada sisi Madura. Jalan layang ini menggunakan konstruksi penyangga PCI dengan panjang 40  meter tiap bentang yang disangga pondasi pipa baja berdiameter 60 cm.        |                 |   
  
                    |           Jembatan Penghubung
    Jembatan  penghubung atau approach bridge menghubungkan jembatan utama dengan  jalan layang. Jembatan terdiri dari 2 bagian dengan panjang  masing-masing 672 meter.
  Jembatan ini menggunakan konstruksi penyangga beton kotak sepanjang 80  meter tiap bentang dengan 7 bentang tiap sisi yang ditopang pondasi  penopang berdiameter 180 cm.        |                 |   
  
                    |           Jembatan Utama   Jembatan  utama atau main bridge terdiri dari 3 bagian yaitu 2 bentang samping  sepanjang 192 meter dan 1 bentang utama sepanjang 434 meter.
  Jembatan utama menggunakan konstruksi cable stayed yang ditopang oleh  menara kembar setinggi 140 meter. Lantai jembatan menggunakan konstruksi  komposit setebal 2,4 meter.
  Untuk mengakomodasi pelayaran kapal laut yang melintasi Selat Madura,  jembatan ini memberikan ruang bebas setinggi 35 meter dari permukaan  laut.        |                 |   
  
 Jembatan Suramadu






 
sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=13684037
 
 
 
Proses Pembuatan JEMBATAN SURAMADU
diterbitkan oleh : http://www.kaskuser.tk
KOTAK KOMENTAR
Baca Juga Artikel Menarik Lainnya