Kamis, 14 Juni 2012

Manusia Ternyata Berevolusi Dari Hiu Prasejarah bernama acanthodes bronni






A re-analysis of the shark's brain-case, dating back 290 million years, shows it was an early member of the modern 'jaw-mouths'

Manusia Ternyata Berevolusi Dari Hiu Prasejarah bernama acanthodes bronni

Lupakan tentang teori evolusi yang mengatakan bahwa manusia berasal dari kera. Karena menurut penelitian baru para ilmuwan, nenek moyang kita adalah hiu prasejarah yang berkeliaran di laut lebih dari 300 juta tahun lalu.

Berdasarkan penelitian tersebut, ikan primitif bernama Acanthodes bronni adalah leluhur umum dari semua vertebrata berahang di Bumi termasuk manusia.

Sebuah analisis ulang dari tempurung otak sejak 290 juta tahun menunjukkan bahwa ikan tersebut adalah anggota awal dari gnathostomes modern, yang berarti ‘rahang-mulut’ yang mencakup puluhan ribu vertebrata yang hidup mulai dari ikan, burung, reptil, mamalia dan manusia.

Fosil-fosil Acanthodes, atau ‘runcing’ dalam bahasa Yunani, telah ditemukan di Eropa, Amerika Utara dan Australia.

Dibandingkan dengan ikan hiu berduri lainnya, Acanthodes relatif besar, dengan ukuran panjang sekitar satu kaki. Memiliki insang, mata besar dan hidup dari plankton.

Profesor Michael Coates, seorang ahli biologi di University of Chicago, mengatakan, “Tanpa diduga, Acanthodes ternyata menjadi pandangan terbaik yang kita miliki tentang kondisi nenek moyang kita dari ikan bertulang dan hiu.”

Acanthodians punah sekitar 250 juta tahun lalu, dan umumnya yang tertinggal hanya sisik kecil dan duri sirip yang rumit.

Tapi bersenjatakan data baru tentang bagaimana tampaknya hiu paling awal dan ikan bertulang, para peneliti kembali memeriksa fosil Acanthodes bronni, spesies yang terawetkan paling baik.

“Kami ingin menjelajahi rongga otak sebisa mungkin, karena mereka adalah sumber yang sangat kaya informasi anatomi.” tutur Prof Coates.

Analisis sampel dikombinasikan dengan scan terbaru dari tengkorak milik hiu dan ikan bertulang paling awal, memimpin peneliti kepada penemuan yang mengejutkan dari Acanthodes bronni, yang memberitahu kita tentang sejarah vertebrata berahang.

Penelitian yang diterbitkan di Nature, menemukan acanthodians secara keseluruhan, termasuk anggota paling awal dari evolusi manusia.

Dr Maureen Kearney, seorang ahli biologi lingkungan dari National Science Foundation di AS yang mendanai penelitian tersebut mengatakan bahwa, penelitian menunjukkan kita ‘transisi evolusi yang penting dalam sejarah hidup, menyediakan jendela baru ke rangkaian perubahan evolusioner selama evolusi vertebrata awal.


http://i.dailymail.co.uk/i/pix/2012/06/13/article-2158733-1397E73B000005DC-911_634x236.jpg




sumber :http://www.berita.manadotoday.com/manusia-ternyata-berevolusi-dari-hiu-prasejarah/17453.html






Manusia Ternyata Berevolusi Dari Hiu Prasejarah bernama acanthodes bronni
diterbitkan oleh : http://www.kaskuser.tk

KOTAK KOMENTAR



Baca Juga Artikel Menarik Lainnya