Indianapolis 500 merupakan salah satu event olahraga satu hari terbesar di Amerika Serikat bahkan dunia, dengan partisipasi mencapai 1 juta orang berkumpul di satu tempat: Indianapolis, Indiana.
LIVESTREAM
===============
Apabila terlalu kepanjangan bagi yang bukan penggemar balap, mungkin juragan berkenan membaca cerita perjuangan ane menuju Indy
Sejarah dan tradisi panjang Indianapolis Motor Speedway dimulai sejak 100 tahun yang lalu. Selama satu abad, berbagai suka dan duka telah dilalui. Kecelakaan fatal, terbengkalainya trek, munculnya teknologi-teknologi baru, lahirnya legenda masa depan, sampai kasus politik yang menyebabkan pecahnya organisasi di tahun 1996. Sekarang, balapan open wheel Amerika telah kembali bersatu di bawah naungan INDYCAR mulai dari tahun 2008.
Hari Minggu ini balapan akan menjadi balapan terakhir dari Centennial Era, 1909-1911 - 2009-2011.
Sempat menjadi bagian dari kejuaran dunia Formula 1, kini Indy 500 di Indonesia hampir tidak memiliki popularitas.
Yah, thread IndyCar Kaskus lagi sepi euy. Berhubung ane cinta luar biasa ma nih balapan, sekalian mengenalkan IndyCar kepada masyarakat NKRI, ane ingin berbagi dengan juragan-juragan yang budiman di sini tentang balapan yang dikenal sebagai "THE GREATEST SPECTACLE IN RACING", di tempat yang dikenal sebagai "THE RACING CAPITOL OF THE WORLD."
Berikut 100 fakta tentang Indianapolis 500:
Spoiler for ampun:
1. Balapan pertama diselenggarakan pada hari Selasa, 30 Mei 1911.
2. Balapan pertama berjarak total 500 mil karena ofisial trek menginginkan sebuah event yang akan bertahan sekitar tujuh jam. Balapan pertama berlangsung selama 6 jam, 42 menit, dan 8 detik.
3. Balapan tidak digelar pada tahun 1917-18 karena Perang Dunia I dan 1942-45 karena Perang Dunia II. Balapan Minggu ini akan menjadi balapan yang ke-95 dalam sepanjang sejarah Speedway.
4. Kalimat "The Greatest Spectacle in Racing" / "Tontonan Terhebat dalam Balapan" untuk balapan di Indy diciptakan pada tahun 1955 oleh Alice Greene, seorang copywriter muda di stasiun radio Indianapolis WBIC. Ia menyarankan penggunaan "Stay tuned to the Greatest Spectacle in Racing" / sebagai out cue (akhir dari segmen) untuk stasiun-stasiun radio yang menyiarkan balapan.
5. Siaran radio balapan dimulai pada pertengahan 1920an dan terdiri dari ulasan permulaan balap dan berakhir dengan laporan berita singkat sepanjang balapan. Speewdway mendirikan jaringan radio sendiri di tahun 1952, dan pada tahun berikutnya balapan disiarkan penuh untuk pertama kalinya dengan istirahat hanya untuk iklan.
6. ABC pertama kali menayangkan siaran langsung balapan di 1986. Sejak 1965-85, tayangan ABC disiarkan tunda. Balapan 1986 tersebut juga ditunda dua kali karena hujan.
7. Sebelum tahun 1977, balapan berakhir setelah sang pemenang mendapat kibasan checkered flag. Sebelumnya, pembalap boleh terus melanjutkan lomba selama beberapa saat setelah sang juara menerima checkered flag sehingga mobil-mobil lain bisa menyelesaikan jarak 500 mil. Pada tahun 1964 yang dipenuhi tragedi, waktu tersebut dikurangi menjadi lima menit untuk siaran TV. Tahun 1974, dikurangi menjadi 3 1/2 menit karena beberapa fans berdiri di dekat trek. Peraturan sekarang diadopsi tahun 1975, tetapi balapan '75 dan '76 berakhir lebih awal karena hujan.
8. "The 500 Festival Parade", yang bermula pada tahun 1957, dan aktifitas-aktifitas pengantar lainnya, diadakan karena editorial koran yang ditulis para kolumnis yang mengamati perayaan serupa menjelang Kentucky Derby.
9. Tradisi pelantunan lagu "Back Home Again in Indiana" (aslinya berjudul Indiana) saat pagi balapan, dimulai pada tahun 1946. James Melton, seorang presiden dari Antique Automobile Club of America dan anggota dari New York Metropolitan Opera Company, membawakan lagu dengan iringan dari band Purdue University. Dua tahun kemudian, pelantunan lagu dipindahkan ke saat sebelum mesin-mesin mobil dinyalakan.
10. Jim Nabors membawakan lagu "Back Home Again in Indiana" untuk pertama kalinya di tahun 1972. Ia telah menyanyikannya 32 kali dan setiap tahun kecuali sekali sejak 1987.
11. Yang telah menyanyikan "Back Home Again in Indiana" diantaranya adalah Mel Torme, Vic Damone, Dinah Shore, Ed Ames, Peter Marshall, Dennis Morgan, dan Johnny Desmond.
12. Balon-balon dengan berbagai warna dilepas ke udara saat bagian terakhir "Back Home Again in Indiana" dilantunkan. Tradisi tersebut diyakini bermula di tahun 1947 dengan rekomendasi Mary Fendrich Hulman, wife of speedway owner Tony Hulman.
13. Band Purdue telah menjadi bagian dari upacara pra-balapan sejak 1919.
14. Selain band Purdue, individu yang menyanyikan lagu kebangsaan nasional "The Star-Spangled Banner" paling sering adalah Florence Henderson dan Sandi Patti, masing-masing lima kali.
15. Tradisi meminum air susu di Victory Lane berawal dari Louis Meyer, juara tiga kali dan peminum dadih (buttermilk) di hari yang panas. Setelah kemenangan ketiganya, 1936, Meyer meminum dadih di Victory Lane. Seorang eksekutif industri susu sapi melihat foto Meyer, dan berasumsi bahwa itu adalah air susu, memutuskan bahwa hal tersebut harus menjadi tradisi setelah balapan usai.
16. Para juara meminum air susu di Victory Lane sejak 1937-1941, dan setelah balapan tidak digelar karena PDII, di 1946. Tradisi tersebut diulang tahun 1956 dan telah berlanjut sampai sekarang. Emerson Fittipaldi merusak tradisi itu pada tahun 1993 dengan meminum jus jeruk. Hasilnya, banyak fans membencinya. Saat ia kembali untuk mengemudikan pace car di tahun 2008, Fittipaldi dicemooh saat Public Drivers' Meeting oleh para fans.
17. Jim Rathmann diyakini menjadi pemenang pertama yang dikalungi rangkaian bunga berbentuk lingkaran di tahun 1960.
18. William J. "Bill" Cronin membuat rangkaian bunga tersebut. Ia juga seorang konsultan bunga untuk acara Rose Bowl, Cotton Bowl, dan parade Festival 500.
19. Mayoritas selama 30 tahun yang lalu, 33 anggrek cymbidium berwarna gading dengan ujung merah anggur telah menjadi bagian dari rangkaian bunga pemenang, yang juga menyertakan 33 miniatur checkered flag dengan pita warna merah, putih, dan biru.
20. Borg-Warner Trophy telah dipersembahkan untuk sang juara sejak 1936. Setiap wajah pemenang dipahat pada plakat perak dan dilekatkan pada trofi, yang juga menyertakan setiap pahatan wajah pemenang sebelumnya saat diperkenalkan.
21. Posisi terakhir untuk wajah seorang juara pada Borg-Warner Trophy sudah penuh pada tahun 1986. Bagian trofi diperbesar untuk menambah ruang. Bagian trofi itu kembali terpenuhi di tahun 2003, bagian baru ditambah pada tahun 2004. Kali ini ruang tersedia sampai wajah pemenang tahun 2034.
22. Trofi pertama, disiapkan oleh Borg-Warner Automotive Company tahun 1935, membutuhkan biaya $10.000.
23. Trofi tersebut sekarang bernilai lebih dari $1.000.000.
24. Louis Meyer menjadi yang pertama menerima trofi.
25. Dari tiga orang juara empat kali, hanya Rick Mears yang memiliki persamaan berbeda pada setiap kemenangannya.
26. Tom Sneva, juara 1983, adalah satu-satunya pemenang dengan pahatan wajah yang memakai kacamata.
27. Satu-satunya wajah bukan pemenang di trofi adalah mantan pemilik trek Tony Hulman. Wajahnya ditambahkan pada tahun 1987, 10 tahun setelah kematiannya.
28. Tanpa kakinya, trofi berukuran tinggi 4 kaki 4 inci. Dengan kakinya, ukuan tinggi menjadi 5 kaki 4 3/4 inci dan beratnya 110 pon.
29. Juara balapan sejak 1988 telah menerima replika trofi 18 inci yang dikenal sebagai "Baby Borg." Mulai dari tahun 1997, pemilik mobil sang juara juga menerima Baby Borg.
30. Jumlah peserta balap dibatasi menjadi 33 mobil sejak 1934, meski pengecualian terjadi di tahun 1979 dan 1997 dengan 35 mobil.
31. Ray Harroun, pemenang balapan pertama dengan mobil kuning-hitam "Marmon Wasp," diyakini menjadi mobol pertama yang memakai kaca spion.
32. Helm diwajibkan untuk balapan, pertama kalinya di ajang motorsport manapun, di tahun 1935.
33. Tahun 1939, George Bailey menjadi pembalap pertama dengan mesin diletakkan di belakang pengemudi. Tidak sampai 1965, bersama kemenangan Jim Clark, mobil bermesin belakang menang di Indy 500.
34. Sayap belakang tempel pertama kali diperbolehkan tahun 1972.
35. Janet Guthrie menjadi pembalap wanita pertama di Indy 500, tahun 1977, dan ia tampil untuk tiga balapan selanjutnya. Pembalap wanita kedua tidak muncul sampai tahun 1992, saat Lyn St. James mencatat start pertama dari tujuh balapan.
[AMAZING] 100 Tahun Balapan Terhebat di Dunia!
diterbitkan oleh : http://www.kaskuser.tk
KOTAK KOMENTAR
|