Kamis, 19 April 2012

Leher Zainudin Bolong Kena Kanker Karena Jadi Perokok Pasif





http://images.detik.com/content/2012/04/20/1202/zainudin-dlm.jpg


Kelak jika Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Tembakau sudah disahkan, maka kemasan rokok di Indonesia wajib mencantumkan peringatan bergambar. Seorang korban rokok yang lehernya berlubang karena kanker pita suara mengaku siap kalau ditawari jadi model untuk peringatan bergambar tersebut.

Zainudin (40 tahun), seorang laki-laki bersuara seperti robot asal Bogor hidup tanpa pita suara sejak tahun 1996. Hanya tersisa lubang kecil di lehernya karena tenggorokannya sudah diangkat setahun setelah didiagnosis menderita kanker pita suara kurang lebih 17 tahun yang lalu.

Laki-laki ini bukan seorang perokok meski mengakui pada masa mudanya dulu pernah sekali dua kali mengisap rokok sekedar untuk bergaul. Namun yang jelas ia mengakui, sejak kecil ia tinggal serumah dengan keluarga besarnya yang hampir semuanya merupakan perokok berat sehingga ia sendiri termasuk perokok pasif.

Dampak dari asap rokok yang dihisapnya cukup berat, seperti yang dirasakannya saat ini. Pada tahun 1996 ia didiagnosis kanker pita suara, lalu setahun kemudian harus menjalani operasdi pengangkatan pita suara serta jakun dan hampur seluruh organ yang ada di lehernya.

Hidungnya sama sekali sudah tidak berfungsi, sebab keluar masuknya udara pernapasan kini bisa langsung melalui lubang di lehernya. Lubang ini juga berfungsi sebagai pengasil bunyi-bunyian, meski suaranya sangat bergetar dan tak semerdu suara yang keluar dari pita suara.

Menyadari betapa berbahayanya asap rokok, Zainudin yang sehari-hari bekerja sebagai pedagang Mie Ayam ini tak pernah lelah menganjurkan para pelanggannya untuk berhenti merokok. Contoh nyata dari bahaya itu adalah lehernya sendiri, yang sekali waktu ita tunjukkan untuk meyakinkan bahwa bahaya rokok itu benar-benar nyata.

Rencana pemerintah untuk mewajibkan perusahaan rokok memasang peringatan bergambar di kemasan rokok juga disambut baik oleh Zainudin. Menurutnya gambar-gambar penyakit seperti yang sudah diterapkan di luar negeri sangat efektif untuk menunjukkan betapa buruknya kerusakan yang ditimbulkan oleh rokok.

"Kalau ditawari, saya mau-mau saja jadi modelnya," kata Zainudin kepada detikHealth seraya membuka kain penutup leher untuk menunjukkan lubang di lehernya, usai audiensi Dengan Ketua Komisi Nasional Hak Azasi Manusia (Komnas HAM) di Menteng, Jumat (20/4/2012).



sumber :http://health.detik.com/read/2012/04/20/113450/1897185/1202/leher-zainudin-bolong-kena-kanker-karena-jadi-perokok-pasif?991101mainnews






Leher Zainudin Bolong Kena Kanker Karena Jadi Perokok Pasif
diterbitkan oleh : http://www.kaskuser.tk

KOTAK KOMENTAR



Baca Juga Artikel Menarik Lainnya